what is the most creative and innovative country in this world?

Standard

it is the second question that asked by mr. apiq.

buat gue pertanyaan ini cukup membingungkan, hal ini mungkin disebabkan oleh ilmu pengetahuan sosial gue yang cenderung minim. But, i will try to answer this questions.

well, setelah gue mencoba untuk berpikir lebih dalam, gue berhasil mendapatkan satu jawaban. Nama negara yang pertama kali terlintas di otak gue adalah Cina.

why China? alasannnya cuma satu, soalnya Cina ada di mana-mana, mulai dari orangnya, makanannya sampai barang-barang produksinya. Dari pengetahuan gue yang pas-pasan itu, gue mencoba mencari informasi lebih lanjut dengan browsing di internet. Akhirnya gue dapet alasan yang lebih bagus dari alasan gue sebelumnya.

Saat ini Cina berhasil menguasai pasar dunia. Hebat banget, padahal dulu mereka gak ada apa-apanya. Cina berhasil maju melalui produk-produk kreativitas yang berhasil mereka ciptakan. Dimulai dari benda sekecil jarum hingga pada teknologi canggih lainnya seperti traktor. Memang tidak semua barangnya memiliki wujud dan kualitas yang baik, akan tetapi hebatnya negara ini adalah, mereka tidak pernah malu untuk menciptakan barang-barang baru yang innovative, meskipun mereka sendiri mengakui barang-barang tersebut belum memiliki kepastian akan kebaikan kualitas yang diciptakan. Mereka hanya mencoba belajar dan menciptakan barang-barang tersebut. Hal ini juga didukung oleh SDM yang sangat baik. Kebanyakan dari penduduk Cina adalah pengusaha. Cina selalu mengarahkan orang-orang terbaiknya untuk menjadi pengusaha yang sukses. Dengan usahanya yang cukup keras ini, Cina berhasil membawa dirinya menjadi negara yang menguasai pasar dunia.

Memang benar dan cocok pernyataan tersebut. Bukti simplenya adalah, kalau kalian pernah pergi ke Disneyland yang ada di Perancis, hampir semua cinderamata yang dijual disana berlebelkan “made in China”. Padahal itu di Perancis loooh, makin gak ngerti lagi deh gue.Oke, gak usah jauh-jauh ke Perancis, coba kita liat kesekeliling kita, selain banyak banget orang Cina, dimana-mana banyak terjual produk yang berlabelkan “made in China” tersebut. Memang benar, Cina telah berhasil menguasai pasar dunia.

Betapa hebatnya Cina di mata gue. Disini gue mau coba nunjukin beberapa hasil kreativitas dan barang-barang innovative yang sudah berhasil dibuat oleh Cina.


(ketika blackberry sedang naik daun, china mencoba menyainginnya dengan naik sepeda. Maka lahirlah Nexian sebagai pesaing blackberry yang mencoba memberiakan fitur serupa)

selain nexian masih banyak produk-produk yang sukses diciptakan dan dipasarkan oleh Cina, seperti


dan masih banyak lagi produk lainnya.

Oh ya!! ada satu lagi teknologi yang udah lama mereka ciptain untuk negaranya tersebut,

ini dia..


maglev train namanya, ini kereta tercepat yang ada di Cina, walaupun teknologinya berasal dari jerman, tetap saja Cina yang telah berhasi memanfaatkannya.

Hebat yah Cina, yaaaah walaupun gue gak terlalu tertarik sama orang-orangnya, tapi gue akui, Cina itu keren. Dia berkembang dengan keberanian dan tekadnya yang kuat untuk maju.

Kapan Indonesia bisa berkembang dan sukses seperti Cina?

semoga ini bisa menjadi pelajaran dan Indonesia bisa berkaca agar lebih baik dari Cina.amin.

salam hangat, Indonesia 🙂

Leave a Reply

